Rabu, 25 April 2012

Jangan Gusar Dengan Kritik Yang Membangun


Jangan Gusar Dengan Kritik yang Membangun

       Andrew moore mengatakan, “Segala sesuatu yang sesuai dengan keinginan kita tampak menjadi sebuah kebenaran, dan yang tidak sesuai akan memicu kemarahan kita.”

        Demikian halnya dengan nesehat-nasehat  dan kritikan. Umumnya kita senang dengan pujian  dan kita merasa tersanjung meski pujian itu palsu. Sebaliknya, kita enggan terhadap kritikan dan celaan meski kritik itu benar apa adanya. Ini sebenarnya sebuah aib yang sangat besar dan kesalahan yang sangat fatal.


{Dan, apabila mereka dipanggil kepada Allah, dan rasul-nya, agar Rasul menghukumnya (mengadili) di antara mereka, tiba-tiba sebagian mereka menolak untuk datang. Tetapi jika keputusan itu untuk (kemaslahatan) mereka, mereka datang kepada Rasul dengan patuh}      (QS. An-Nur: 48-49)
      

    William James mengatakan,”Saat sampai pada sebuah keputusan untuk dilakukan pada hari itu juga, maka Anda akan terbebas sepenuhnya dari pikiran-pikiran yang akan menguasai diri Anda berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinan hasil yang akan menguasai diri Anda capai. Artinya, jika Anda sudah mengambil keputusan yang didasarkan pada kenyataan, maka lakukanlah dan jangan maju-mundur atau punya pikiran yang tidak-tidak. Jangan campakkan diri ke dalam keraguan yang hanya akan melahirkan keraguan yang hanya akan melahirkan keraguan yang lebih besar, dan jangan terus mengutak-atik hal-hal yang sudah berlalu.”
    

      Seorang penyair berkata,
Jika engkau puny ide maka segera satukan tekad untuk melakukannya, sebab rusaknya ide karena keraguan semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar