Rabu, 25 April 2012

Diamlah untuk Mendengarkan Firman Allah

    DIAMLAH untuk MENDENGARKAN FIRMAN ALLAH


         Tenangkanlah hati Anda untuk mendengarkan firman Allah, yang dibacakan dengan merdu dan menyentuh hati, oleh seorang qari' yang membaca sesuai dengan kaidah tajwid. Dengan begitu, niscaya Anda akan sampai kepada keridhaan Allah, muncul ketenangan di dalam jiwa, kesejukan, kedamaian, dan tumbuh keyakinan di dalam hati.


         Rasulullah sendiri sangat senang mendengarkan Al-Qur'an dari bacaan orang lain, karena hatinya akan tersentuh. Sebab itulah, ia selalu minta kepada para sahabatnya untuk membacakan Al-Qur'an untuknya. Ketika Al-Qur'an diturunkan, ia merasa bahagia, hatinya luruh, dan ia merasa tak terbebani.


          Dalam diri Rasulullah terdapat tauladan yang baik. Anda harus menyempatkan beberapa detik atau beberapa saat pada waktu siank atau malam hari untuk menyetel radio atau tape recorder untuk mendengarkan bacaan seorang qari' yang Anda kagumi.


          Riuhnya permasalahan hidup, kegelisahan orang-orang sekitar, dan pengaruh yang ditimbulkan oleh orang lain sangat potensial untuk menggoyahkan jiwa, menguras kekuatan fisik, dan mencabik-cabik ketenangan hati Anda. Dalam suasana seperti itu ketenangan hanya Anda dapatkan dalam Kitab Allah berdzikir kepada-Nya.


{ (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.} (QS 13:28) (Ar-Ra'd)


           Pernah suatu saat Rasulullah memerintakan Abdullah ibn mas'ud untuk membacakan beberapa ayat dari surat An-Nisa'. Sejak awal dibacakan, Rasulullah sudah mulai menangis hingga kemudian air matanya membasahi pipinya. "Cukup, cukup (untuk) saat ini," pinta Rasulullah untuk menghentikan bacaannya.


           Suatu ketika Rasulullah lewat di depan rumah Ibn Abi Hartim yang di dalamnya ada seorang wanita tua. Rasulullah berhenti untuk mendengarkan apa yang dibaca oleh wanita tua itu dari balik pintunya. Si wanita itu ternyata sedang membaca ayat yang berbunyi:


{Sudah datanglah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?}                                                                                                                                         (QS Al-Ghasyiyah:1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar